Manfaat Ikan Tuna

Beragam Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan - Alodokter



Ragam Manfaat Mengonsumsi Ikan Tuna

Ikan tuna memang dikenal sebagai ikan yang tinggi kandungan asam lemak omega-3. Zat gizi dalam daging tuna ini sangat berkontribusi dalam menjaga kesehatan jantung. Beberapa manfaat ikan tuna yang lain adalah:
  • Menurunkan kolesterol jahatMengonsumsi ikan tuna diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), bahkan juga dapat menurunkan kadar trigliserida. Hal ini tidak terlepas dari kandungan omega 3 yang dimiliki ikan tuna.
  • Mengurangi risiko penyakit jantungSelain berkontribusi terhadap penurunan kolesterol jahat, omega 3 pada ikan tuna dapat menghindarkan Anda dari penyakit jantung dan stroke.
  • Mendukung kesehatan mata dan otakIkan tuna mengandung DHA yang merupakan asam lemak penyusun utama saraf otak (retina), sehingga mengonsumsi tuna dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu, DHA juga diketahui dapat membantu perkembangan sel otak serta menjaga kesehatan otak.
  • Mendorong kesehatan reproduksi dan tiroidMeski dikenal sebagai sumber omega 3, ikan tuna juga mengandung selenium yang mampu melindungi tubuh dari bahaya stres oksidatif, serta telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan organ tiroid dan reproduksi.
  • Mencukupi kebutuhan protein, vitamin, dan mineralIkan tuna dapat menjadi sumber asupan protein, sebab setiap ons ikan tuna mengandung setidaknya 5 gram protein. Selain itu, mengonsumsi ikan tuna juga dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B6, B12, D, dan zat besi, guna menjaga stamina dan daya tahan tubuh.
Tidak hanya untuk orang dewasa, ikan tuna juga bermanfaat bagi kesehatan bayi, bahkan sejak dalam kandungan. Mengonsumsi ikan tuna dengan porsi yang tepat selama hamil, akan membantu perkembangan otak, mata, dan saraf janin.

Sumber : alodokter.com

You Might Also Like

0 komentar