Kota Tertua Di Dunia

1. Yerusalem

thoughtco.com
Yerusalem, kota tua yang namanya tidak pernah habis untuk dibahas oleh semua orang dari segala penjuru dunia. Kota cantik yang singgah diantara kedua negara ini selain menjadi kota tertua, Yerusalem adalah kota yang dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu tempat tersuci di dunia.
Yerusalem menjadi situs yang sangat penting bagi tiga agama yaitu Yahudi, Islam dan Kristen.

2. Yerikho

israeladvantagetours.com
Kota tua yang berada di Wilayah Palestina dan letaknya dekat dengan Sungai Yordan ini, dalam Alkitab Ibrani digambarkan sebagai Kota Pohon Palem. Pada tahun 1949 hingga 1967, Kota Yerikho pernah ditempati oleh orang Yordania. Hingga akhirnya di tahun 1994, kota ini diberikan hak sepenuhnya kepada Pemerintah Palestina.
Disini, para Arkelog dunia menemukan sisa-sisa lebih dari 20 pemukiman tua yang bisa dipastikan sudah ada sejak 11.000 tahun atau 9000 sebelum masehi.

3. Aleppo

orangeblossomwater.net
Gambar diatas adalah bukti betapa cantiknya Kota Aleppo sebelum terjadi perang. Aleppo adalah salah satu kota tertua di dunia yang telah dihuni sejak abad ke-6 SM. Penggalian di Tell as-Sawda dan Tell al-Ansari menjadi saksi bahwa Kota Aleppo masuk dalam kategori kota tertua dan pernah dihuni oleh Orang Amori setidaknya sejak akhir abad ke-3 SM.
Selama berabad-abad, Aleppo adalah kota terbesar di wilayah Suriah dan menjadi kota dibawah Kekaisaran Ottoman terbesar ketiga setelah Konstantinopel dan Kairo. Kini, Aleppo menjadi kota penuh duka akibat perang bersaudara yang telah berlangsung sejak tahun 2012.

4. Athena

kevinandamanda.com
Berada di negara para Dewa, Yunani. Athena adalah salah satu kota tertua dan terpanjang di Benua Eropa. Kota yang penuh dengan infrastruktur peninggalan Yunani kuno ini, menjadi kota terkemuka sejak milenium pertama SM.
Athena pernah mengalami kemunduran selama abad pertengahan hingga pulih kembali semenjak Kekaisaran Bizantium. Pada abad ke-19 Athena ditetapkan sebagai ibu kota negara Yunani.

5. Beirut

daad-lebanon.org
Beirut terletak di negara tempat lahir seniman, penyair sekaligus penulis terkenal Kahlil Gibran, Lebanon. Selain masuk dalam kategori kota tertua di dunia, Beirut adalah pusat perekonomian dan industri terbesar di Lebanon.
Kota Beirut telah ada sekitar 3000 tahun SM. Di tahun 1975 - 1990, terjadi konflik saudara di Lebanon yang membuat sebagaian besar tempat di Beirut hancur. Sebelum Perang, kota Beirut pernah mendapat julukan "Paris di Dunia Timur" karena suasana kosmopolitannya.


Sumber : idntimes.com

You Might Also Like

0 komentar