Fantastis! Inilah Biaya Sekolah Di Sopa, Korea Selatan

Seoul School of Performing Arts (Sopa) - aminoapps.comSeoul School of Performing Arts (Sopa) - aminoapps.com
Negara  terkenal dengan tren K-Pop-nya yang telah menyebar hingga ke berbagai penjuru dunia. Di  setidaknya ada 2 menengah tingkat atas (SMA) yang terkenal telah mencetak banyak idol boyband maupun girlband berbakat, yakni Seoul School of Performing Arts dan Hanlim Multi Art School (Sopa). Sopa terkenal dengan seragamnya berupa jas berwarna kuning mencolok. Karena termasuk  bergengsi, tak heran jika  sekolah di Sopa pun kabarnya cukup .
“Di Sopa itu biayanya lumayan mahal. Setahun sekitar 8 juta won, mungkin kalau sekarang sudah naik, dulu ya lulusan 2014 atau 2015. Mungkin sekarang udah naik 10 juta won. Berarti per tahun itu biaya di Sopa sekitar Rp 100 juta. Dan masuk situ ada tesnya juga,” kata salah satu warga Indonesia yang mengaku bekerja di Korea Selatan dan memiliki teman lulusan Sopa, lewat akun video YouTube Chocoemong.
Di   Sopa sendiri memang tidak ada penjelasan secara rinci terkait berapa biaya pendidikan hingga lulus. Sopa hanya menegaskan bahwa dirinya adalah  pendidikan pertama di Korea Selatan yang mengkhususkan diri di  performing arts dan diperuntukkan bagi murid Kristiani.
Sopa memiliki beberapa jurusan yang terbagi dalam Department of Theatre of Film bagi mereka yang menyukai seni peran, kemudian Department of Theatre Arts, Department of Broadcasting Arts, Department of Practical Music bagi mereka yang ingin mendalami seni musik, Department of Practical Dancing untuk penggemar dance atau seni tari, dan Department of Stage Arts untuk mereka yang ingin mendalami seni rupa.
Setiap departemen biasanya memiliki 2 kelas yang setiap kelas terdiri dari 38 siswa, namun  Department of Practical Dancing hanya membuka 1 kelas setiap tahun ajaran baru. Sehingga jumlah siswa yang diterima di Sopa pun dibatasi hanya 266 orang saja dari tahun ke tahunnya. Sudah banyak idol lulusan Sopa yang sukses berkarier di industri K-Pop, mulai dari Suzy miss A, Lee Jong-hyun CNBlue, Sehun EXO, Hyeri Girl’s Day, dan masih banyak lagi.

Sumber : kursrupiah.net

You Might Also Like

30 komentar

  1. Knp orang islam gk boleh masuk ke SOPA????!

    BalasHapus
    Balasan
    1. "dikhususkan", ya sama kaya sekolah islam diindonesia. mayoritas sana kan kalo gak hindu, budha, kristen ya atheis.

      Hapus
    2. Menurut saya kalo soal agama tertentu saja yang di perbolehkan itu tidak benar karna sebenarnya semua orang dapat bersekolah di SOPA asalkan mempunya bakat di bidang yang terdapat di sana, namun kenapa murid yang di terima hanya sedikit itu dikarenakan SOPA lebih mengfokuskan pelajaran di bidang tertentu saja jadi guru atau pengajar yang ada hanya pada bidang tertentu saja tidak seperti sekolah lain yang mencakup semua mata pelajaran sehingga muridnya pun banyak, sejujurnya SOPA adalah sekolah kebidangan atau kejurusan tertentu di bidang enterteiment makanya banyak idol kpop yang bersekolah di SOPA.

      Hapus
    3. Emang iya orang islam gak boleh sekolah disana?

      Hapus
    4. Gataw juga sih tpi enaknya situ klo lulus bisa langsung diikutin audisi di sm ama yg tanpa daftar sendiri klo gasalah

      Hapus
    5. khusus orang kristen, kalo agama lain bisa daftar yang hanlim. terus biasanya kalo jadi trainee pas smp entar pas masuk sma agensi nyekolahin ke sekolah sekolah ini. cmiiw

      Hapus
  2. biayaya sekolah di sopa cukup murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes,that's very cheap :)
      Kalau murah tolong sekolahkan aku disana nee?:)

      Hapus
    2. Bagiku itu fantastis ya. Aku pen sekolah di Indo yg berbasis International aja gak bisa

      Hapus
    3. iyasih lumayan murah, dibanding sekolah di indo kyk SPH gitu, harga nya hampir setara

      Hapus
  3. Tapi menurut orang korea biaya segitu masih cukup standard, sama seperti kita" kalo di indo mau masuk ke swasta gitu loo. Btw SOPA sama Hanlim beda ya min :)). Dan para guru adalah orang orang yang sangat care buat their students progress. Pihak sekolah biasanya ketat banget sama progress muridnya, jadi nilai performing lu turun ya lu out.

    BalasHapus
  4. Gue mau sekolah di SOPA karena bakat saya ada di pelajaran sana,tapi walau saya lumayan kaya tapi itu jangan di buang buang kasian orang tua bersyukur aja sekolah di indonesia,jangan kejauhan di korea,tapi kalau mau sih ya nggak apa²,kalau gue kasian sama ortu gue nggak gue aja tapi ortu kalian juga!

    BalasHapus
    Balasan
    1. The cringest comment i've ever read

      Hapus
    2. Kalau lu rich gak usah ngomongin kesini ya kak.
      Saya tau kamu rich,saya tau kamu mau motivasi atau sbg nya,tapi jangan bawa bawa kekayaan kamu disini ya baby

      Hapus
    3. Itu sama aja kek pamer ga sih..

      Hapus
    4. Tapi sama aja klo lu non kristiani kea nya ga boleh masuk sana.

      Hapus
    5. Gw juga punya bakat musik, kalo masalah uang sih yah gpp karena emang gw keturunan holkay masalahnya itu di Korea gw gk tau abang gw izinin ato gk

      Hapus
    6. Anjayy pamer disitus orang:')

      Hapus
  5. Tapi di SOPA itu kan ada kasus ya,itu kan ada anak alumni yg sudah lulus dari SOPA buat video untuk membuka apa yg sebenernya terjadi di SOPA,dan kebanyakan adalah ketidak adilan kepada siswa dan berkaitan dengan kedewasaan,dan SOPA sekarang jadi berantakan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari aja di Youtube tentang kasus SOPA,aku pernah liat itu di channel nya Korea Reomit,orang Korea yg besarnya di Indonesia jadi dia bicaranya pake bahasa Indonesia

      Hapus
  6. orang islam boleh ngga sekolah disana?

    BalasHapus
  7. Kak, request biaya sekolah di Apgujeong High School dong. Terimakasihhh

    BalasHapus
  8. Test, numpang komen. Mau liat dn gue apa ya wkwk

    BalasHapus