10 Makanan Berkuah Ala Korea

1. Seollongtang
Image result for seolleongtang
Sumber: koreanbapsang.com
Seollongtang adalah sop tulang sapi. Dilihat dari tampilannya, makanan ini sedikit mirip dengan soto daging, hanya saja tidak ada isian potongan kentang dan wortelnya. Warna kuahnya agak putih keruh dengan campuran mie putih mirip bihun dan irisan daun bawang kecil-kecil di atasnya. Menyantap Seollongtang saat cuaca dingin memang sangat cocok untuk menghangatkan perut sehingga terhindar dari masuk angina.
2. Doenjang Jjigae
Image result for doenjang jjigae
Sumber: koreanbapsang.com
Doenjang jjigae adalah makanan berkuah kedua yang pas disantap saat cuaca dingin. Kuahnya segar dengan sensasi pedas dan asin. Isian doenjang jjigae biasanya adalah irisan daun lobak, potongan daging sapi, tahu, bawang Bombay, dan sayuran lainnya sesuai selera. Kemudian pada kuahnya dimasukkan pasta kedelai hasil fermentasi. Makanan ini usianya diyakini sudah ratusan tahun lamanya, sejak zaman Tiga Negara.
3. Naengmyeon
Image result for naengmyeon
Sumber: aromasian.com
Naengmyeon sendiri jika diartikan secara harfiah adalah mie dingin atau mie yang diberi es di dalam kuahnya. Bagi orang Indonesia akan terdengar aneh karena kita pada umumnya menyantap makanan panas berkuah saat cuaca dingin. Namun, di Korea Selatan sendiri, orang-orang Korea menyantap naengmyeon saat musim dingin tiba karena bagi mereka justru menyegarkan. Bagi yang merasa penasaran, makanan ini patut dicoba.
4. Kimchi Jjigae
Image result for kimchi jjigae
Sumber: koreanbapsang.com
Kebanyakan orang Indonesia mungkin familiar dengan Kimchi, yaitu makanan khas Korea yang salah satunya terbuat dari sawi putih yang dibumbui kemudian difermentasikan selama beberapa waktu. Kimchi sendiri sering dikreasikan ke dalam masakan lainnya, yang salah satunya adalah kimchi jjigae ini. Kimchi jjigae adalah makanan berkuah dengan isian kimchi sebagai bahan utamanya. Kuahnya yang segar memang cocok disantap saat cuaca dingin.
5. Samgyetang
Image result for samgyetang
Sumber: aromasian.com
Samgyetang adalah makanan berkuah yang bahan utamanya adalah ayam kampung utuh yang direbus bersama bahan lainnya dan juga ginseng. Samgyetang memang umumnya sangat pas disantap saat musim dingin di Korea, kuahnya yang mengandung ginseng ampuh untuk mengahangatkan tubuh. Rasanya akan benar-benar nikmat dan menggoyang lidah jika disantap selagi panas-panasnya.
6. Yukgaejang
Related image
Sumber: seonkyounglongest.com
Yukgaejang makanan Korea berkuah pedas dengan berbagai isian menyehatkan di dalamnya. Sop sayuran yang kaya dan menyehatkan ini memang pas disantap saat hujan atau cuaca dingin. Selain menghangatkan perut, juga menyehatkan karena isiannya yang terdiri dari daging dan sayuran lembut dan baik untuk tubuh.
7. Budae Jjigae
Image result for budae jjigae
Sumber: noobcook.com
Budae jjigae memiliki bahan isian yang beragam dan biasanya boleh apa saja. Namun umumnya, isian budae jjigae berisi mie instan, sosis, kue beras, irisan daun Bombay dan daun bawang. Kemudian kuahnya dimasukkan pasta cabai atau bisa juga bumbu mie instan. Budae jjigae umumnya memiliki porsi yang besar sehingga akan lebih cocok disantap lebih dari satu orang.
8. Jjampong
Related image
Sumber: thecoolimages.net
Jjampong atau mie pedas dengan tambahan isian lainnya seperti jamur, irisan daun bawang dan bawang Bombay memang jenis makanan berkuah yang cocok disantap saat dingin. Bagi yang tidak tahan pedas, memakan jjampong mungkin akan menjadi masalah karena level pedasnya termasuk yang di atas rata-rata. Namun jika tetap tertarik ingin mencoba, bisa request untuk diturunkan level pedasnya.
9. Sundubu Jjigae
sumber : cooktube.in
Sundubu Jjigae adalah makanan pedas Korea lainnya dengan bahan utama potongan tahu, kerang laut, irisan daging, dan telur yang dicampur dengan pasta cabai. Tidak lupa ditaburi dengan irisan daun bawang di atasnya. Rasanya gurih, pedas, dan menyegarkan sehingga sangat pas disantap saat cuaca dingin atau musim hujan. Makanan ini akan terasa jauh lebih nikmat kalau disantap saat sedang lapar-laparnya.
10. Ramyeon
Related image
Sumber: seouleats.com
Dalam bahasa Indonesia ramyeon artinya adalah mie instan. Sama seperti orang Indonesia, orang Korea senang sekali menyantap ramyeon, apalagi saat cuaca sedang dingin. Selain harganya yang ekonomis, ramyeon juga nikmat dan bisa disantap kapan saja tanpa repot. Orang Korea sendiri biasanya menyantap ramyeon ditemani dengan kimchi dan soju (opsional).

Sumber : doripos.com

You Might Also Like

0 komentar